• Home
  • MOTOGP
  • Berita MotoGP Terbaru : Jika Rossi Pensiun, Dorna Bisa Rugi Hingga 50%

Berita MotoGP Terbaru : Jika Rossi Pensiun, Dorna Bisa Rugi Hingga 50%

Rabu, 18 November 2015 | 00:50:52
Sepakgoal.com - Berita MotoGP Terbaru. Pelatih terkenal asal Italia Marcelo Lippi mengatakan jika pembalap dari tim Yamaha Movistar, Valentino Rossi menjadi magnet tersendiri bagi pecinta MotoGP di seluruh dunia. Menurut Lippi, Rossi menjadi sumber iklan tersukses dalam gelaran balap paling bergengsi tersebut. Bahkan Dorna sebagai penyelenggara bisa rugi hingga 50% seandainya Rossi pensiun.

"Selama 20 tahun, Rossi menjadi sponsor utama MotoGP. Tanpanya, balapan motor ini akan mengalami kerugian hingga 50%," kata Lippi.

Meskipun masih kalah dengan Sepak bola, namun gelaran MotoGP ini ternyata menjadi motor perputaran uang yang sangat besar. Menurut penilaian TSMPlug, penjualan hak siar menjadi salah satu sumber pemasukan utama DORNA selaku promotor balap MotoGP.Total penjualan hak siar dari seluruh dunia mencapai USD 100-120 juta (Rp 1,3-1,6 triliun). Meski angkanya terhitung besar, DORNA memproduksi sendiri acara tersebut. DORNA juga yang mendistribusikan gelaran ini ke seluruh dunia pada stasiun televisi yang membeli hak siar.

Selain itu, biaya operasional tim ketika pindah dari satu seri ke seri selanjutnya juga ditanggung Dorna. Menurut laporan TSMPlug, DORNA menghabiskan dana tidak kurang dari USD 50 juta (Rp 680 miliar) per tahun hanya untuk menanggung biaya operasional tim peserta MotoGP. Karena besarnya biaya yang dikeluarkan DORNA ini, maka tidak heran jika nilai sponsor MotoGP berharga sangat besar. Hingga musim 2015 berakhir DORNA menggandeng Monster Energy, Bwin, dan TIM dengan kontrak jangka panjang dimana sponsor harus merogoh kocek hingga USD 100 juta (Rp 1,3 triliun) agar bisa bekerja sama.

Pernyataan Lippi ini merupakan tindak lanjut mengenai gosip yang beredar mengenai Valentino Rossi yang akan gantung helm karena gagal meraih juara dunia musim ini. Kegagalan Rossi ini ditenggarai karena adanya konspirasi antara pembalap Spanyol.

"Sebagai pembalasan dari segi olahraga, Rossi sepertinya harus meninggalkan MotoGP. Mungkin dia bisa tampil di Superbike. Hanya keputusan itu yang dapat menebus semua yang telah terjadi," tutup Lippi.


BERITA LAINNYA
Marquez Rebut Pole MotoGP Australia, Rossi Ketujuh
Sabtu, 17 Oktober 2015 | 17:37:02
BERIKAN KOMENTAR
Top