6 Poin Kunci Kasus Dugaan Penggelapan Pajak Messi

Selasa, 5 April 2016 | 17:18:53

Sepakgoal.com - Pesepak bola andalan Barcelona, Lionel Messi sejak kemarin dikejutkan dengan munculnya berita kasus penggelapan pajak yang menyeret namanya. Sebuah dokumen disebut sebagai 'Panama Papers' bahkan menjelaskan bagaimana pemain Argentina itu diduga menyembunyikan asetnya di sebuah perusahaan di Panama.

Tidak tinggal diam, Messi dan keluarganya langsung membantah tuduhan penipuan pajak yang dilakukan pemain berusia 28 tahun itu, dan mengancam akan membawa media yang merilis berita tersebut ke ranah hukum.

Ayah Messi, Jorge Messi bahkan mengatakan bahwa itu semua merupakan kebohongan. Pihak keluarga Messi juga sudah meminta pengacaranya, Cuatrecasas, untuk mempelajari sekiranya pasal apa yang dapat menjerat media yang menyebarkan berita tersebut.

Berikut ini adalah enam poin kunci mengapa peraih lima kali Golden Ball itu terseret kasus yang disebut-sebut sebagai kebocoran informasi terbesar sepanjang masa.

1. Apa itu Panama Papers?

Pada tahun lalu sebuah sumber anonim membocorkaan dokumen rahasia berkapasitas 2,6 terabytes kepada surat kabar Jerman, Sueddeutsche Zeitung. Dokumen itu diambil dari Mossack Fonseca, sebuah firma hukum asal Panama.

Dokumen-dokumen tersebut menunjukkan bagaimana caranya para orang tajir telah menggunakan perusahaan internasional terselubung untuk melindungi uang mereka dari pajak.

Panama Papers, sebutan untuk dokumen rahasia tersebut, telah dirilis dalam sebuah laporan pada hari Minggu kemarin oleh Internasional Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) dan telah dibagikan ke ratusan wartawan.

2. Kenapa Messi terlibat?

Seperti yang dilaporkan oleh koran Argentina, La Nacion, yang merupakan salah satu surat kabar yang memiliki akses ke data tersebut, menyebutkan kalau Messi dan ayahnya, Jorge adalah pemilik sebuah perusahaan lepas pantai bernama Mega Star Enterprises.

Petunjuk pertama menyebutkan bahwa perusahaan tersebut berdiri pada 13 Juni 2013, hanya satu hari setelah pemerintah Spanyol mengajukan tuduhan penipuan pajak terhadap Messi. Namun, tampaknya pemerintah Spanyol tidak menyadari hal tersebut.

3. Apakah ada sesuatu yang ilegal terjadi?

Masih terlalu dini memang untuk mengatakan apakah ada hukum yang telah dilanggar, sementara Kejaksaan Spanyol hari ini mengumumkan bahwa mereka telah memulai penyelidikan.

Laporan ICIJ menekankan bahwa pembentukan sebuah perusahaan di Tax Haven, atau suatu negara yang menerapkan tingkat pajak rendah atau bahkan tidak sama sekali, bukanlah sebuah tindak pidana terhadap dirinya sendiri. Namun, sebuah kejahatan bisa terjadi jika perusahaan pelindung digunakan untuk pencucian uang atau penggelapan pajak.

4. Apa yang Messi dan ayahnya katakan?

Ayah Messi, Jorge Messi mengakui bahwa perusahaan tersebut memang ada, namun menekankan bahwa setiap tuduhan kejahatan yang dilakukan Messi adalah kebohongan. Jorge bahkan menjelaskan bahwa dia akan mengambil jalur hukum terhadap media yang menerbitkan informasi tersebut.

Sebuah pernyataan yang dirilis oleh keluarga Messi kemarin menekankan bahwa Lionel Messi tidak melakukan tindakan yang dituduhkan padanya, yakni dugaan melakukan penggelapan pajak terbaru dan bahkan pencucian uang, dan menyebut itu semua tuduhan palsu dan fitnah.

Mereka juga mengatakan bahwa perusahaan Panama yang dimaksudkan dalam laporan tersebut adalah perusahaan yang tidak aktif dan tidak pernah ada pembukaan rekening atau dana. Namun, surat kabar Spanyol El Confidencial mengatakan bahwa perusahaan baru yang ditemukan itu tetap aktif.

5. Bukankah Messi sudah pernah menghadapi tuduhan penggelapan pajak?

Jawabannya iya, Messi dan ayahnya bahkan akan memulai persidangan pada 31 Mei mendatang atas tuduhan menghindari pajak sebesar 4,1 juta Euro yang diperoleh antara tahun 2007 dan 2009.

Jaksa dalam kasus itu telah mengatakan bahwa perbuatan pelanggaran hukum tersebut terutama dilakukan oleh ayah Messi. Dan jaksa mengatakan bahwa, untuk sementara pemain sepak bola bernomor punggung 10 itu menyatakan kalau dia tidak sepenuhnya menyadari perbuatan ayahnya itu.

Menurut koran Argentina La Nacion, kasus tersebut seakan mirip dengan kasus tuduhan terbaru kali ini, di mana 100 persen saham Mega Star Enterprises terdaftar atas nama ayah Messi, Jorge.

6. Bagaimana dampak kasus ini terhadap karier Messi dengan Barcelona?

Sekali lagi, terlalu dini untuk mengatakan apakah kejahatan tersebut telah dilakukan atau apakah tuntutan telah diajukan. Dalam kasus penggelapan pajak yang sebelumnya, Messi bisa diganjar tuntutan hingga 22 bulan penjara jika ia terbukti bersalah.

Blaugrana sendiri kemarin telah merilis sebuah pernyataan yang menyebutkan bahwa mereka memberi dukungan penuh terhadap El Messiah.

"FC Barcelona telah memberikan perhatian dan dukungan kepada pemain (Messi) dan seluruh keluarganya," tulis pernyataan tim.

Sumber : Marca
 
agen poker online terpercaya
pokerclub88
berkahpoker
imcqq
wahyupoker
hoyapoker

BERITA LAINNYA
Ini 5 Masalah yang Akan Dihadapi Conte di Chelsea
Minggu, 10 April 2016 | 20:17:43
6 Poin Kunci Kasus Dugaan Penggelapan Pajak Messi
Selasa, 5 April 2016 | 17:18:53
Head to Head: Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo
Rabu, 30 Maret 2016 | 10:45:02
5 Pemain yang Sukses Cetak Gol Liga Lebih dari 300
Kamis, 18 Februari 2016 | 12:05:44
5 Bomber Liga Inggris yang Tampil Garang Selepas Natal
Sabtu, 13 Februari 2016 | 00:30:34
11 Fakta Ronaldo yang Tidak Semua Orang Tahu
Jumat, 5 Februari 2016 | 17:53:58
10 Transfer Terbesar Musim Dingin di Premier League
Selasa, 2 Februari 2016 | 14:17:10
BERIKAN KOMENTAR
Top