• Home
  • Timnas
  • Gagal di SEA Games, Timnas U-23 Tak Dapat Bonus Dari Menpora

Gagal di SEA Games, Timnas U-23 Tak Dapat Bonus Dari Menpora

Kamis, 15 Oktober 2015 | 15:33:43
Kegagalan merealisasikan target medali emas, bahkan pulang tanpa medali apapun di SEA Games 2015, di Singapura, membuat cabang olahraga (cabor) sepak bola yang diwakili tim nasional Indonesia U-23, harus gigit jari.

Pasalnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan memberikan bonus kepada olahragawan peraih medali pada SEA Games 2015. Yang berbeda dari penyerahan bonus SEA Games kali ini, Kemenpora tidak hanya memberikannya kepada atlet dan pelatih, tapi juga bagi cabang olahraga (PB/PP) yang mampu memenuhi atau melebihi target medali yang ditetapkan pada pesta olahraga dua tahunan tersebut.

"Kita memang kecewa dan harus berbenah karena hanya menempati peringkat kelima pada SEA Games 2015. Namun demikian, kami tetap memperhatikan bahwa ternyata ada cabor yang bisa memenuhi target, bahkan bisa menjadi juara umum. Reward pantas diberikan kepada cabor-cabor memenuhi atau melebihi target medali untuk merangsang pengurus cabor lain agar meningkatkan prestasi," terang Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi.

Cabor yang mendapatkan bonus karena telah memenuhi atau melampaui target tersebut adalah judo, bulu tangkis, atletik, wushu, panahan, kano/rowing/perahu naga dan ski air. Menpora Imam juga memberikan piagam penghargaan kepada perwakilan pengurus cabor berprestasi tersebut saat acara Evaluasi SEA Games 2015, di Aula Wisma Pemuda Kemenpora, Jakarta, Kamis (25/6).

Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut menegaskan, bahwa pihaknya juga akan merealisasikan janji untuk segera mungkin menyerahkan bonus SEA Games. Yakni, sebelum lebaran dan sudah direncanakan tanggalnya yakni pada 9 Juli mendatang.

"Bonus ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dan komitmen pemerintah untuk dapat memacu prestasi," tambah Cak Imam- sapaan akrab Imam Nahrawi.

Nantinya, besaran bonus SEA Games 2015 sama dengan sebelumnya. Yaitu atlet peraih medali emas perorangan akan menerima bonus sebesar Rp200 juta, peraih medali perak Rp50 juta dan perunggu Rp30 juga.

Sedangkan untuk nomor beregu, peraih emas akan mendapatkan Rp100 juta, perak Rp30 juta dan perunggu Rp25 juta. Bonus juga akan diberikan kepada para pelatih yang mendampingi atlet peraih medali sesuai dengan pagu yang sudah ditentukan.

Khusus untuk bonus cabor yang mampu memenuhi atau melebihi target medali yang ditetapkan, akan diberikan voucher Rp 200juta untuk mengikuti kejuaraan internasional.

Dana yang digunakan untuk memberikan atlet yang berprestasi pada SEA Games 2015, berasal dari APBN melalui Asisten Deputi Promosi dan Penghargaan Kemenpora. Pada SEA Games 2015 di Singapura, kontingen Indonesia mampu mengumpulkan sebanyak 47 medali emas, 61 perak dan 74 perunggu. (esa/dzi)/bola.net

BERITA LAINNYA
AFF Best XI: Dominasi Thailand, Tanpa Wakil Indonesia
Kamis, 15 Oktober 2015 | 15:37:36
Timnas U-23 Berganti Nama Menjadi Garuda All Star
Kamis, 15 Oktober 2015 | 15:36:15
BERIKAN KOMENTAR
Top