Belanda Gagal ke Putaran Final, Deja Vu 1984

Rabu, 14 Oktober 2015 | 18:58:38
Kegagalan Belanda menembus putaran final kualifikasi Euro 2016 membuat semua orang bersedih. Tapi tahukah anda, kegagalan tersebut adalah yang pertama bagi Belanda sejak 1984.

Ya, kekalahan 2-3 atas Republik Ceko di laga terakhir memupus asa Belanda ke Prancis tahun depan. Terlebih, di waktu yang sama, Turki justru mampu menang tipis 1-0 atas Islandia.

Hasil ini membuat Belanda dipastikan gagal karena untuk lolos, Belanda harus menang atas Ceko dan berharap Turki kalah. Namun itu gagal terwujud dan membuat Belanda untuk kali pertama gagal ke putaran final sejak mereka gagal ke Euro pada 1984 silam.

Ada yang unik dari fakta kegagalan Belanda tersebut. Ya, dua kegagalan menembus putaran final Piala Eropa tersebut sama-sama digelar di Prancis.

Selain fakta itu, beberapa fakta lain yang dikutip dari Optajoe juga menarik untuk disimak. Seperti apa? Berikut di antaranya.
  • Kekalahan Belanda dari Republik Ceko merupakan kekalahan kedua beruntun di laga kompetitif. Hal itu menjadi rapor buruk dalam sejarah mereka.
  • Robin van Persie menorehkan tinta emas di laga melawan Ceko. Penyerang Fenerbache itu tercatat menjadi pemain pertama yang menorehkan 50 gol untuk Belanda.
  • Dua gol yang dicetak Rep Ceko di babak pertama baru terjadi lagi di laga kandang Belanda. Sebelumnya, hal serupa dialami Belanda saat menghadapi Portugal pada Oktober 2000.
  • Sepanjang babak kualifikasi Euro 2016, Belanda sudah kebobolan 14 gol.
 (opt/dzi)/bola.net

BERITA LAINNYA
Bali United vs PBFC, Laga Reuni Antar Penggawa
Minggu, 1 Mei 2016 | 14:49:23
BERIKAN KOMENTAR
Top