• Home
  • BOLA DUNIA
  • Salut! Di Eropa Akan Ada Liga Untuk Pemain Teramputasi

Salut! Di Eropa Akan Ada Liga Untuk Pemain Teramputasi

Minggu, 22 Mei 2016 | 15:27:09

Sepakgoal.com, Milan - Atlet sepak bola dengan kaki teramputasi diklaim punya masa depan cerah, setelah UEFA kian mendukung program-program milik European Amputee Football Federation (EAFF).

Para penyandang disabilitas tampil sangat antusias saat menunjukkan skill di hadapan penonton yang memadati UEFA Champions Festival untuk kali kedua secara beruntun.

UEFA Champions Festival adalah sebuah event yang digelar UEFA selama dua hari sebelum final Liga Champions. Tahun ini, UEFA Champions Festival berlangsung di Piazza del Duomo Milan, 26 hingga 28 Mei.

Di sini pesepakbola dengan kaki teramputasi mendapat pengalaman istimewa. Ya, mereka tampil di panggung internasional dan membuktikan diri mampu berbuat sesuatu, yang terpenting bagi dirinya sendiri, meski dengan segala keterbatasan.

Sebagai institusi global yang menaungi sepak bola di benua biru, UEFA menggunakan EAFF sebagai salah satu media dalam menuangkan misi sosialnya.

"Bagi kami, semua yang dibutuhkan hanya sedikit tempat terbuka, sebuah bola dan beberapa tongkat," ujar Sekjen EAFF, Simon Baker.

"Masalah terbesar bagi kami adalah beberapa pemain harus menempuh perjalanan selama dua hingga enam jam untuk berlatih. Jadi, kami berharap bisa bekerja sama dengan klub-klub dan asosiasi untuk membuat liga di negara masing-masing sehingga mereka tak perlu lagi menempuh jarak jauh," imbuhnya.

Lebih lanjut Baker menuturkan, para penonton di UEFA Champions Festival juga menaruh antusias karena sebagian besar belum pernah menyaksikan pertandingan yang dimainkan atlet dengan kaki teramputasi.

"Hanya dalam beberapa menit, mereka mampu menarik perhatian para pengunjung. Saya selalu bilang ke pemain di Irlandia, saya bisa berbuat hal seperti yang Robbie Keane lakukan, tapi dia tidak bisa meniru apa yang kalian lakukan dengan tongkat," timpal Baker lagi.

Simon Baker (kanan). [Foto: facebook.com/EuroAMP]

Selain menjabat sebagai sekjen EAFF, Baker juga Ketua Asosiasi Sepak Bola Amputasi Irlandia sekaligus kapten tim nasionalnya.

Sumber: UEFA

BERITA LAINNYA
Bali United vs PBFC, Laga Reuni Antar Penggawa
Minggu, 1 Mei 2016 | 14:49:23
BERIKAN KOMENTAR
Top